Monday, October 24, 2005

Speechless: PUASA = LESU, LEMAH, LETIH, NGANTUK???

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Buat kamu-kamu yang lagi ngejalanin puasa bulan ramadhan ini, pasti pernah ngerasain yang namanya badan lemes, letih, lesu, loyo, dan bawaannya ngantuukk melulu. Bener gak?! *yoii coii... :)
Yaa, yang jelas itu hal wajar koq. Perubahaan kebiasaan kita yang biasanya bisa makan, minum, dan ngemil berkali-kali dalam sehari, sekarang berubah drastis jadi cuman pas sahur dan buka puasa. Itupun kalau kita pas gak lupa sahur,hehehe... Karena menurut dokter dan para ahli hal ini akan berdampak ke metabolisme tubuh yang bisa berakibat bla..bla..blaa *duhhh, ngomong apaan seh dokter² ini... :)

The point is, tenang dan gak usah khawatir dengan tubuh kamu yang lemes & loyo, karena emang sudah wajar dan harusnya begitu (kecuali pas puasa, badan kamu seger buger, dan bisa main basket sampek 2 ronde...). Nah..ini yang perlu dicurigai "nih anak beneran puasa atau gak sih?!!" *jitakss...tuks!!

Jadi gak usahlah ngomong ke setiap orang "Duh, lemes nih men. Puasa hari ini porsi sahurnya kecil" *HaHH!? atau "Wah, puasa ini bawaannya ngantuk aja yaaa. Tidur jam kerja boleh gak ya?!". Wah, ini namanya "ngethok-ngethok'e" biar orang lain tahu. Berarti kamu semua harus nonton sinetron Kiamat Sudah Dekat dan dengerin apa kata pak Haji Romli "Loe harus belajar ilmu iklas nak!" *Nah loe... ^_^

Pren, sekali lagi gak usah khawatir. Penderitaan kamu menahan lapar dan haus sekitar 14 jam itu akan terbayar dengan pahala dan anugerah yang tak terbatas dari Alloh SWT. Bahkan Alloh telah menjadikan ibadah puasa khusus untuk diri-Nya dari amal-amal ibadah lainnya. Biar kamu yakin bahwa puasa yang kamu jalanin gak sia-sia, ini ada firman Alloh dalam hadits yang disampaikan oleh Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam:
"Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum dari pada aroma kesturi." (Hadits Muttafaq 'Alaih).

"Diamnya orang yang berpuasa itu tasbih, dan tidurnya ibadah, doa'nya mudah dikabulkan dan amalnya dilipatgandakan" (HR Dailami). Nah pren, bayangin... tidurnya aja ibadah, coba kalau kamu-kamu ngerjakan ibadah-ibadah lainnya seperti sholat tarawih, sholat tahajjud, bershodaqoh dll. *ckckckck, pintu surga terbuka lebar buat kamu pren! subhanallah

Jadi apa sekarang menurut kamu puasa masih identik dengan ngantuk, letih, lemah, lesu dan "sohib²nya"? kamu sendiri yang tahu jawabannya. Tetap jaga puasa kamu, dan kalau bisa jangan hanya menahan lapar dan haus saja, tapi tingkatkan juga utk menahan "hawa nafsu". Karena memang itulah inti dari puasa di bulan ramadhan. Sudah ada dalam hadits bahwa pada bulan ramadhan itu, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat. Nah, jadi kalau pada bulan ramadhan ini kamu-kamu masih melakukan hal yang buruk, itu berarti bukan karena setan yang gangguin kamu, tapi karena "hawa nafsu" kamu yang sudah terbiasa melakukannya. Jadi jangan salahin setan donk, salahin aja diri kamu sendiri.. *iyaa gak?!

Semoga... puasa kita tahun ini lebih baik dari tahun kemarin, dan semoga kita masih bisa bertemu dengan bulan ramadhan lagi tahun depan, amiin.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


0 Comments:

Post a Comment

<< Home