Tuesday, October 25, 2005

Speechless: SEHAT SEPANJANG RAMADHAN

Ketika berpuasa, bahan makanan yang masuk lebih sedikit dibandingkan energi yang dikeluarkan selama beraktivitas. Karena itu, tidak jarang kita merasa sedikit lesu di siang hari (wah, persis tulisan saya dibawah). Agar tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari selama berpuasa, perhatikan pengaturan makan dan minum saat santap sahur dan berbuka.
  • Makan makanan bergizi. Meski sederhana, pastikan menu makanan mengandung lima unsur gizi lengkap, seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B dan C.
  • Minumlah banyak air putih di malam hari untuk mencegah dehidrasi. Jangan langsung minum air dingin atau es karena perut yang bisa menjadi kembung. Hindari soda karena bisa berakibat buruk pada perut.
  • Perbanyak konsumsi makanan berserat agar mampu menahan lapar, seperti sayur dan buah, atau makanan berindeks glisemik rendah seperti beras merah dan roti gandum.
  • Hindari makanan berkolesterol tinggi, makanan yang terlalu manis, dan makanan yang digoreng bila Anda termasuk pengidap obesitas. Bagi si kurus, tambahlah porsi susu dan hindari makanan yang sulit dicerna, seperti sayuran berserat kasar. Bagi lansia, berbukalah dengan bertahap -makanlah jumlah yang lebih sedikit, namun lakukanlah beberapa kali.
sumber : Reader Digest Indonesia


1 Comments:

At Tuesday, October 25, 2005 7:26:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Hi! I like your site very much! Don't forget to visit http://filhodejhpr.blogspot.com and www.traduvigo.com. Cheers!

 

Post a Comment

<< Home