Thursday, February 16, 2006

Resensi: UNDERWORLD: EVOLUTION

Menyusul sukses komersial yang dicetak "Underworld" yang dirilis di Amerika 19 September 2003, Len Wiseman sebagai sutradara, awal tahun 2006, coba mengulang sukses dan kembali berkolaborasi dengan penulis skenario Danny McBride lewat "Underworld: Evolution" (2006).

"Underworld: Evolution" dikemas dengan intensitas aksi yang tinggi. Sejak cerita bergulir hingga menjelang cerita berakhir, konflik terus dieksplorasi lewat pertempuran yang nyaris tanpa henti antara karakter protagonis dan antagonis. Sebagai sekuel, Len Wiseman dan Danny McBride tak membuat film ala "The Blade" dan "The Queen of the Damned" ini digarap dengan lebih manusiawi sebagaimana Sam Raimi menggarap sekuel Spider-Man, Spider-Man II, melainkan menambahkan bobot aksi. Caranya, dengan memunculkan karakter antagonis dengan kekuatan yang jauh lebih hebat sejak menit-menit awal.

Semua ini didukung dengan efek khusus yang apik. Khususnya, dalam setiap adegan yang memunculkan karakter antagonis yang berwujud monster bersayap bernama Marcus (Tony Curran). Demikian pula dengan set, make up, serta cahaya pendukung sehingga suasana "dunia bawah" begitu sangat terasa. Kombinasi ini menjadikan "Underworld: Evolution" menjadi tontonan yang tidak menjemukan dan sangat menghibur. Terlebih untuk Anda pecinta film aksi.

Diluar itu, penampilan sentral cerita yang juga sosok protagonis bernama Selene (Kate Beckinsale), seperti saat beraksi dalam "Underworld" masih tersimak kurang gesit untuk sosok vampir. Selene pun masih "lebih suka" loncat dari atas ke bawah dan berlari ketimbang melakukan gerakan berbau akrobatik lainnya. Untuk penonton "awal" yang belum menonton prekuelnya, "Underworld: Evolution" memang masih membutuhkan sedikit konsentrasi. Hal ini terkait dengan kemunculan karakter dan cerita yang masih terkait dengan film sebelumnya dan kurangnya informasi pendukung untuk memberi bekal lebih terhadap penonton. Walaupun Len Wiseman dan Danny McBride berupaya memberikan "bekal" dengan memunculkannya sedikit dalam dialog, flash back, dan teks menjelang cerita bergulir, tapi masih bisa membuat penonton bingung dengan keberagaman jenis karakter yang muncul seperti vampir, lycan, hingga hybrid.

"Underworld: Evolution" mengisahkan terusan aksi petualangan Selene serta Michael Corvin (Scott Speedman) yang mulai jadi buruan berbagai pihak. Selene, setelah membunuh pemimpin utama klan vampir Viktor (Bill Nighy) yang pernah dianggapnya sebagai "ayah" mulai diburu Marcus, sosok antagonis terkuat yang merupakan cikal bakal lycan (manusia serigala). Sementara itu, Michael Corvin diburu pihak keamanan. Perasaan senasib sebagai mahluk buruan membuat mereka berdua saling menjaga dan melindungi.

Satu waktu, keduanya terdeteksi berada di sebuah lokasi persembunyian. Selene dan Michael pun harus berhadapan dengan Marcus seusai keduanya menghadapi pihak keamanan yang memburu Michael. Perkelahian hidup dan mati pun tak terelakan. Dengan kekuatan yang dimilikinya, Michael sebetulnya relatif mudah mengalahkan keduanya. Namun, perlawanan tanpa henti yang diberikan Selene dan Michael mampu membuat Marcus cedera berat dan Selene dan Michael kembali melarikan diri.

Tanpa disadari, aksi Selene dan Michael rupanya telah lama menjadi perhatian Corvinus (Derek Jacobi) yang belakangan diketahui adalah ayah dari Marcus. Perhatian Corvinus terhadap Selene dan Michael tak lepas dari sikapnya yang mulai peduli atas keselamatan mereka berdua selain menjadi bagian upayanya untuk menahan setiap tindakan Marcus yang semakin tak terkontrol dan berniat membangkitkan kembali William (Brian Steele), saudaranya yang berwujud monster sangat buas. Bila upaya Marcus membangkitkan William berhasil, maka tak ada kekuatan yang bisa membendungnya. Keadaan ini mau tak mau membuat Corvinus, Selene, dan Michael harus bahu membahu lantaran Marcus yang telah merasa menjadi "Tuhan" dengan kekuatan dan ambisinya siap membunuh siapa saja. Tak terkecuali, ayahnya. (AGUS)

Bintang : Kate Beckinsale, Scott Speedman, Tony Curran
Sutradara : Len Wiseman
Produksi : Lakeshore Entertainment
Kategori : Aksi
Komentar :


0 Comments:

Post a Comment

<< Home